welcome to bukuharian-ulin.blogspot.com

Kode HTML Untuk Pemula

belajar html untuk pemula

Kode HTML memiliki aturan dan struktur penulisan tersendiri yang disebut tag HTML. Tag adalah kode yang digunakan untuk memoles (mark-up) teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange) menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing. Ada tag pembuka yaitu <HTML> dan ada tag penutup yaitu </HTML> yang ditandai dengan tanda garis miring (slash) di depan awal tulisan.

Tag diatas membeikan faidah bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Perlu diketahui bahwa tag-tag HTML dapat ditulis dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Artinya, penulisan <HTML> atau <html> atau <Html> sama saja hasilnya. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskitpun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap dokumen HTML, bahkan bisa berakibat dokumen HTML Anda tidak bisa ditampilkan dalam browser. Contoh :

<html>
                <body>
                                .....
                </body>
</html>

Jika kode program diatas dibeikan tag <title> ::. Belajar HTML .:: </title> diatas tag <body> maka akan menghasilkan sebuah website dengan judul ::. Belajar HTML .:: yang terlihat pada title bar.

<html>
                <head>
                                <title> ::. Belajar HTML .:: </title>
                </head>
<body>

</body>
</html>

Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut : (perhatikan title bar nya)


belajar html untuk pemula


<title> .... </title> berfungsi untuk menampilkan judul pada website. Jadi sebagai contoh jika ingin menampilkan judul website dengan nama Berita Bola Terlengkap maka dapat mengetikkan <title> Berita Bola Terlengkap </title>.

Tuliskan kode tersebut di notpad atau editor lainnya, kemudian save dengan type file .html. Setelah tersimpan, buka file tersebut dengan browser yang Anda gunakan bisa menggunakan chrome ataupun browser lainnya seperti firefox dll.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nouva Ulin Nuha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger