welcome to bukuharian-ulin.blogspot.com

Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan (part I)

buah - buahan sehat

Beberapa buah-buahan ternyata mengandung zat-zat yang dapat menggantikan nutrisi dari makanan seperti daging. Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah-buahan untuk kesehatan :

Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

Fungsi utama jus apel adalah :
Mengurangi nafsu makan
Mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah
Pembersihan racun dalam usus

Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tunggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelunturan otot-otot sendi.

Fungsi utama jus alpukat adalah :
Melembabkan dan mengencangkan kulit
Membantu pembentukan sel darah merah
Mencegah anemia

Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadikan lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak memakan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa khawatir yang berlebihan.

Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

Fungsi utama jus jeruk adalah :
Memerangi infeksi
Memperkecil resiko stroke dan serangan jantung
Mengatasi flu dan demam

Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad Saw. berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Namun Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga seendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

Fungsi utama jus mangga adalah :
Mencegah bau badan
Desinfektan bagi tubuh dan membersihkan darah
Meremajakan sel


Itulah beberapa manfaat buah-buahan semoga bermanfaat. Lanjut ke manfaat buah-buahan bagi kesehatan (part II)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nouva Ulin Nuha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger