welcome to bukuharian-ulin.blogspot.com

Manfaat Warna Warni Buah dan Sayur

beberapa manfaat warna buah dan sayur

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekedar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sarur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pastikan pilihan buah dan sayuran Anda optimal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Akan lebih baik jika Anda mengetahui rahasia dibalik warna-warna buah dan sayur.

Merah tua atau ungu
Buah dan sayur berwarna merah tua bahkan hampir mendekati ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mamapu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga resiko penyakit jantung dan stroke berkurang.
Buah dan sarur berwarna merah tua atau ungu, antara lain : cherry, blackberries, blueberries, plum, prem, anggur merah dan ungu, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai merah.

Merah
Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguan untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu, likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Sedangkan warna merah pada sayuran menandakan bahwa sayuran itu mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker.
Buah berwarna merah adalah semangka, stroberi, tomat dan jambu biji merah. Sedangkan sayur berwarna merah yaitu kol merah dan bayam merah.

Jingga atau kuning
Buah berwarna jingga dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga mengandung betakaroten. Di dalam tubuh betakaroten berfungsi untuk menghambat proses penuaan dan peremajaan sel-sel tubuh. Selain itu, betakaroten yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Jenis sayuran ini adalah ubi jalar, labu kuning dan wortel. Sedangkan buah jenis ini adalah melon jingga, pepaya, aprikot, mangga dan jeruk.

Kuning
Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak serangan jantung, dan stroke.
Buah-buahan dan sayuran jenis ini adalah belimbing, nanas, pisang.

Hijau
Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang ampuh menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah. Sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B Kompleks. Selain itu juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebankan kulit jadi kasar dan bersisik.
Buah dan sayur jenis ini adalah alpukat, melon, anggur hijau, bayam, caisim, sawi hijau, bokcoi, brokoli dan daun singkong.

Putih
Meskipun hanya sedikit mengandung antioksidan, namun kandungan serat dan vitamin C dalam buah dan sayur berwarna putih relatif tinggi. Selain ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan, sayuran berwarna putih dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Sayuran dan buah jenis ini antara lain : taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, jamur, kol dan kembang kol, sirsak, duku, kelengkeng, dan leci.

Semoga catatan mengenai manfaat manfaat warna warni buah dan sayur ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan hidup sehat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nouva Ulin Nuha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger