welcome to bukuharian-ulin.blogspot.com

Jenis Serat Makanan

jenis jenis serat makanan


Buah dan sayuran terdiri dari berbagai komponen, selain mengandung zat gizi berupa vitamin dan mineral sebagai komponen utama, buah dan sayuran juga mengandung zat-zat yang tidak masuk zat gizi, tetapi sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Zat-zat tersebut adalah serat makanan, enzim, dan fitonutrien.

Ada beberapa definisi mengenai serat, diantaranya serat adalah polisakarida nonpati, yaitu karbohidrat kompleks yang terbentuk dari gugusan gula sederhana yang berguna menjadi satu serta tidak dapat dicerna. Seratmakanan juga bisa didefinisikan sebagai sisa yang tertinggal dalam kolon setelah makanan dicerna atau setelah zat-zat gizi dalam makanan diseerap tubuh. Serat makanan dibagi manjadi dua jenis, yaitu serat yang tidak larut air, dan serat yang larut dalam air.

Serat yang tidak larut air umumnya berbentuk selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat jenis ini tidak dapat larut dalam air, tetapi mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan air. Hal ini menguntungkan bagi tubuh karena dapat mempengaruhi peningkatan ukuran berat, dan melunakkan fases sehingga mudah dikeluarkan. Disamping itu, serat juga dapat menghindari terjadinya konstipasi (sembelit). Selulosa dan hemiselulosa merupakan komponen dinding tanaman yang mempunyai peranan dalam meningkatkan bobot dan ukuran fases, mengikat asam empedu, dan menurunkan kadar kolestrol. Lignin merupakan senyawa pada tanaman yang mempunyai peranan sebagai antikanker, antibakteri, antijamur, dan antivirus. Lignin diubah oleh mikroflora usus menjadi enterolactone dan enterodiol, yaitu dua senyawa yang sangat berperan dalam mencegah serangan kanker, terutama kanker payudara.

Serat jenis ini mempunyai kemampuan larut dalam air dan merupakan bagian dari dinding sel tanaman yang mudah larut dalam air. Selain itu, serat ini juga berperan mencegah konstipasi di dalam lambung dan saluran pencernaan, serat jenis ini akan membentuk gel sehingga akan membentuk volume yang besar dan cepat membeuat kenyang. Fungsi lain dari serat ini yaitu berperan dalam menurunkan kadar kolestrol. Jenis-jenis serat yang larut dalam air yaitu mucilage (padi-padia, biji-bijian, dan kacang-kacangan), gum guar (kacang-kacangan), dan pektin (semua dinding sel tanaman dan kulit luar buah-buahan dan sayur-sayuran)


Itulah sedikit ulasan mengenai serat makanan semoga bermanfaat dan menambah sedikit wawasan kita tentang kesehatan. Lanjut membaca mengenai apa itu enzim ?
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nouva Ulin Nuha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger